Sabtu, 13 Desember 2008

Tentang Agama Kristen

Utama Kristen dari A sampai Z Berita baru Artikel baru Topik Kristen Tidak mengerti?

Selamat datang di

Portal Kristen

Yesus Kristus Tritunggal Alkitab Sejarah

Portal Kristen disediakan bagi Anda para pengguna Wikipedia Bahasa Indonesia. Portal ini berisi panduan didalam pembelajaran atau pencarian informasi mengenai agama Kristen.

Gambar pilihan

Kitab Injil beraksara Arab-Melayu yang disebarkan oleh Belanda di Kalimantan Selatan. Koleksi Museum Lambung Mangkurat.

Kristen

Agama Kristen adalah sebuah kepercayaan yang berdasar pada ajaran, hidup, sengsara, wafat dan kebangkitan Yesus Kristus atau Isa Almasih. Agama ini percaya bahwa Yesus Kristus adalah Tuhan dan Mesias, juru selamat bagi seluruh umat manusia, yang menebus manusia dari dosa. Mereka beribadah di gereja dan Kitab Suci mereka adalah Alkitab. Murid-murid Yesus Kristus pertama kali dipanggil Kristen di Antiokia (Kisah Para Rasul 11:26).

Agama Kristen termasuk salah satu dari agama Abrahamik yang berdasarkan hidup, ajaran, kematian dengan penyaliban, kebangkitan, dan kenaikan Yesus dari Nazaret ke surga, sebagaimana dijelaskan dalam Perjanjian Baru. Umat Kristen percaya bahwa Yesus adalah Mesias yang dinubuatkan dalam dari Perjanjian Lama (atau Kitab suci Yahudi). Kekristenan adalah monoteisme, yang percaya akan tiga pribadi (secara teknis dalam bahasa Yunani hypostasis) Tuhan atau Tritunggal. Tritunggal dipertegas pertama kali pada Konsili Nicea Pertama (325) yang dihimpun oleh Kaisar Romawi Konstantin I.

Orang yang memeluk agama Kristen percaya bahwa Yesus Kristus atau Isa Almasih adalah Tuhan dan Juru selamatnya, dan memegang ajaran yang disampaikan Yesus Kristus. Yesus Kristus diyakini sebagai pendiri jemaat (gereja) dan kepemimpinan gereja yang abadi (Injil Matius 18: 18-19)

Penganut agama Kristen juga percaya pada janji Yesus Kristus yang akan datang pada kedua kalinya sebagai Raja dan Hakim akan dunia ini. Sebagaimana agama Yahudi, mereka menjunjung ajaran moral yang tertulis dalam Sepuluh Perintah Tuhan.

Selengkapnya...

Lokasi Pilihan

Vatikan adalah negara merdeka terkecil di dunia, dari segi luas wilayah dan jumlah penduduk. Vatikan merupakan sebuah enklave dan dikelilingi kota Roma di Italia. Vatikan merupakan tempat tinggal Paus dan wilayah Takhta Suci, otoritas pusat Gereja Katolik.


Selengkapnya...

Tahukah Anda
  • ...bahwa kata 'Alkitab' berasal dari bahasa Arab Kutiba yang berarti ketetapan-ketetapan atau hukum?
  • ...bahwa surat Yudas ditulis untuk memperingatkan para pembacanya supaya waspada terhadap guru-guru palsu yang menyebut dirinya Kristen?
Artikel Pilihan

Gereja Katedral Jakarta (nama resmi: Santa Maria Pelindung Diangkat Ke Surga, De Kerk van Onze Lieve Vrouwe ten Hemelopneming) adalah sebuah gereja di Jakarta. Gedung gereja ini diresmikan pada 1901 dan dibangun dengan arsitektur neo-gotik dari Eropa, yakni arsitektur yang sangat lazim digunakan untuk membangun gedung gereja beberapa abad yang lalu.

Gereja yang sekarang ini dirancang dan dimulai oleh Pastor Antonius Dijkmans dan peletakan batu pertamanya dilakukan oleh Provicaris Carolus Wenneker. Pekerjaan ini kemudian dilanjutkan oleh Cuypers-Hulswit ketika Dijkmans tidak bisa melanjutkannya, dan kemudian diresmikan dan diberkati pada 21 April 1901 oleh Mgr. Edmundus Sybradus Luypen, SJ, Vikaris Apostolik Jakarta.

Selengkapnya...

Tokoh Pilihan
Gambar Yesus yang berada di Hagia Sophia, Istanbul, Turki.

Yesus dari Nazaret (kurang lebih antara 6 SM4 SM - 2933) adalah seorang pengkhotbah dan penyembuh bagi orang Yahudi; dikenal juga sebagai Yesus Kristus yang merupakan Tuhan dan Juru Selamat dalam agama Kristen, dan seorang nabi penting dalam Islam (Nabi Isa).

Nama "Yesus" adalah alihaksara dari bahasa Yunani Ιησους [Iēsoûs], yang pada gilirannya juga merupakan alihaksara dari bahasa Aram atau bahasa Ibrani yaitu:Yeshua, yang berarti : Keselamatan, atau "Tuhan adalah keselamatan", "Tuhan menyelamatkan". "Kristus" adalah gelar dalam teologi juga berasal dari bahasa Yunani Χριστός [Christos], yang dari bahasa Ibrani "Messiah", berarti "yang diurapi" atau "yang terpilih".

Selengkapnya...

Kategori

Alkitab - Ensiklik kepausan - Gereja - Kristen - Hari raya - Santo

Artikel

Ensiklik - Gereja - Kanon - Kristen - Konsili - Konsili Vatikan II - Lembaga Alkitab Indonesia - Lembaga Biblika Indonesia - Martin Luther - Mesias - Paus - Perang Salib - Rerum Novarum - Roh Kudus - Salib - Seminari - Sinode - Teologi - Tritunggal - Yesus - Yesuit - Yohanes Calvin

Struktur dan organisasi

Portal:Kristen/Organisasi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar